Senin, 19 Maret 2012

Levitasi Photography

Levitasi Photography atau teknik foto yang membuat foto seperti melayang ini, pertama kali saya lihat dari sebuah blog karya photography Natsumi Hayashi di blognya http://yowayowacamera.com. Saya tertarik dengan hasil foto yang diberikan dan ditampilkan di dalam blog itu. Kemudian saya mencari suatu komunitas yang mungkin bisa membantu saya membuat foto seperti itu. Kemudian saya menemukan sebuah akun di twitter yaitu @levitasihore, sebelumnya saya melihat komunitas ini melalui sebuah televisi swasta. Karena kebetulan saya berada di Makassar dan komunitas levitasi di Indonesia yang saya tahu ada di Jakarta, saya ingin mengajak teman-teman di Makassar khususnya untuk membentuk suatu komunitas yang bisa memberikan kita ruang untuk berkarya seperti Natsumi Hayashi.

Ada juga Tips membuat foto levitasi tanpa editing: (http://macaronimia.com)
  • Fotografi levitasi berbeda dengan Jump Shot. Levitasi harus memperlihatkan model yang seakan melayang alami tanpa terlalu banyak ekspresi wajah.
  • Foto levitasi tanpa editing dapat  dilakukan dengan kamera professional (DSLR) maupun kamera biasa (kamera ponsel, pocket cam)
  • Foto levitasi dengan kamera DSLR, bisa memanfaatkan Burst Mode (Continuous Shooting). Dengan sekali menekan tombol shutter, langsung menghasilkan beberapa jepretan sekaligus. Foto-foto hasil jepretan dengan Burst Mode dari kamera DSLR dapat dipilih mana yang paling pas mendapatkan moment “melayang”
  • Foto levitasi dapat dilakukan dengan kamera non-professional, namun lebih tricky karena mengandalkan ketepatan menekan tombol rana saat model melompat.
  • Pastikan cahaya cukup, agar bayangan terbentuk sehingga efek model sedang melayang lebih terlihat.
  • Gunakan shutter speed tinggi untuk menangkap model yg melayang dengan lebih fokus (freeze motion). Cahaya yang cukup sangat berperan untuk mendapatkan shutter speed tinggi.
  • Gunakan low angle, agar model terlihat tinggi melayang.

Kemungkinan ada teman-teman yang tahu komunitas levitasi ini yang ada di Kota Makassar atau belum ada kah ? Atau ingin membuat komunitas ini. Boleh hubungi saya @dhilahanafi di twitter. Karena saya dan teman-teman saya berniat membuat komunitas ini di Makassar.

Berikut adalah contoh foto Levitasi dari http://yowayowacamera.com :







Atau hasil dari @levitasihore dalam http://levitasihore.tumblr.com :







oke sekian dari saya
Dhila Nahrifa Hanafi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar